Selasa, 21 Juli 2009

Pentingnya berasuransi dengan asuransi Syariah


Senin pagi, kami semua berharap menjumpai Lintang dengan senyum cerianya dan kejutan-kejutan barunya. Tapi ia tak muncul juga. Ketika kami sedang berunding untuk mengunjunginya, seorang pria kurus tak beralas kaki masuk ke kelas kami, menyampaikan surat kepada Bu Mus. Begitu banyak kesedihan kami lalui dengan Bu Mus selama hampir sembilan tahun di SD dan SMP Muhammdiyah tapi baru pertama kali ini aku melihatnya menangis. Air matanya berjatuhan di atas surat itu.
Ibunda guru, Ayahku telah meninggal, besok aku tidak akan ke sekolah lagi.
Salamku, Lintang.

Ya, demikianlah kutipan karya Andrea Hirata dalam bukunya Laskar Pelangi. Karya yang tidak sengaja diterbitkan oleh penulis kelahiran Pulau Belitung ini, antara lain mengisahkan betapa beratnya perjalanan hidup seorang anak yang ditinggal mati oleh Ayahnya. Anak laki-laki tertua yang genius yang harus berhenti sekolah dan rela membunuh cita-citanya demi mengambil alih peran ayahnya sebagai penanggung jawab nafkah keluarga.

Dari tulisan di atas, saya ingin mencoba mengajak pembaca merenungkan kembali betapa pentingnya melindungi keuangan atau Nilai Ekonomi Hidup (NEH) keluarga kita. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, bisa jadi nasib yang dialami oleh Lintang, akan dialami juga oleh anak-anak kita jika kita sebagai tulang punggung keluarga mengalami musibah seperti cacat tetap, sakit kritis atau meninggal.

Betul, kita hanya bertawakkal kepada Allah SWT, tetapi kita juga wajib berikhtiar sebagai makhluk ciptaan-Nya. Merencanakan dan menyisihkan sebagian penghasilan kita merupakan bagian dari ikhtiar kita dalam menghadapi musibah yang akan kita alami.
Seperti halnya nabi Yusuf AS memerintahkan untuk menyimpan sebagian hasil panen, dalam menghadapi masa paceklik di negerinya kala itu.
Sekarang ini telah banyak program yang diperkenalkan oleh lembaga keuangan bank atau non-bank seperti asuransi syariah, atau bancassurance. Untuk asuransi syariah, manfaat proteksinya disandingkan dengan investasi yang sesuai dengan syariah Islam.
SEKILAS TENTANG PRU SYARIAH.

PRU SYARIAH adalah program yang memproteksi NILAI EKONOMI KELUARGA untuk menghadapi resiko meninggal dunia, cacat tetap total atau sakit kritis, melalui usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang/ pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan / atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah, PLUS INVESTASI DANA para peserta yang pengelolaannya didasarkan konsep Syariah.

DASAR HUKUM ASURANSI SYARIAH
AL-QUR’AN : “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. an-Nisa’ : 9).
HADIST : “Pergunakanlah lima hal sebelum datangnya lima perkara; muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.” (Hadist Riwayat Muslim)

HAL-HAL YANG DIHINDARI DARI PRU SYARIAH
• Gharar (ketidakpastian)
• Maisir (judi atau gambling)
• Riba (rente)

MANFAAT PRU SYARIAH
1. MANFAAT PERLINDUNGAN ASURANSI: (yang dikelola dari hasil investasi Rekening Tabarru’)
• MANFAAT PERLINDUNGAN DASAR : Meninggal atau Cacat Tetap Total.
2. MANFAAT KEUNTUNGAN INVESTASI : (yang dikelola dari hasil investasi Rekening Pru Saver Syariah)
3. MANFAAT BAGI HASIL (SURPLUS SHARING) :
SURPLUS SHARING adalah dana yang akan diberikan kepada Pemilik Polis bila terdapat kelebihan dari rekening Tabarru’ termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan - jika ada.
NILAI TUNAI HASIL INVESTASI DAPAT DIGUNAKAN UNTUK:
• Dana Pendidikan Anak
• Persiapan Dana Pensiun
• Dana Perjalanan Ibadah Haji
• Pengeluaran Tidak Terduga

oleh sebab itu, semua kebutuhan asuransi anda sudah dapat dipenuhi di perusahaan asuransi nomor 1 di dunia dan Indonesia yaitu Prudential. Mari, jangan ragu, milikilah perlindungan terhadap diri anda hari ini juga sekaligus anda akan memiliki investasi yang akan sangat menguntungkan.
Hari ini mungkin ada belum membutuhkan pilihan anda hari ini bersama Prudential, tapi di saat-saat mendatang, apa yang telah anda lakukan melalui Prudential, pastilah akan sangat membantu anda di masa depan. pilihan kita hari ini, tentu saja akan memberikan dampak di masa datang. berpikir positiflah, tentukan pilihan anda PAA ataupun PAA syariah, saya akan membuatkan ilustrasinya bagi anda, dan memberikan penjelasan yang legi detail bagi anda. dimanapun anda berada, saya bersama prudential siap melayani anda, silahkan hubungi saya di:

TLP/SMS : 0811486060
Email : ianlinting.prudential@gmail.com

anda juga dapat meninggalkan no.tlp atau email pada kolom comment, dan saya akan menghubungi anda kembali, terima kasih.

salam hangat,

Ian Linting.

1 komentar:

  1. Super excellent! Dan karena kesamaan nama Lintang dan nasib yang itulah saya berpikir jangan sampai anak saya memiliki nasib seperti saya. Awalnya saya hanya berpikir jika kelak saya meninggal dunia, nasib anakku tidak seperti Lintang Laskar Pelangi sehingga saya putuskan untuk cari informasi tentang asuransi jiwa, yang saya pikir ada warisannya. Ternyata di luar dugaan, bukan hanya warisan, ada proteksi kesehatan sampai usia 75, ada proteksi meninggal karena kecelakaan, ada proteksi terhadap kondisi kritis, ada proteksi terhadap income, dan yang sangat menarik hati saya juga ada nilai tunainya yang hanya dengan menabung sedikit di usia tua saya bisa jadi sangat banyak, jadi milyaran.

    Akhirnya saya putuskan untuk segera beli asuransinya, dan kemudian saya tertarik untuk mempelajari Prudential sendiri, dan akhirnya memilih terjun jadi agen.

    Teman-teman semua, setelah semakin dalam mengerti tentang Prudential, hampir semua teman saya yang saya temui saya ceritakan pentingnya asuransi dan mereka akhirnya memilih menabung di PAA+.

    Dan siapapun yang membaca blog ini, jangan ragu untuk segera menghubungi Pak Ian Linting. Sebagai nasabah, tidak ada kerugian sedikit pun menjadi nasabah Prudential, karena proteksi kesehatan dapat, warisan dapat kapan pun terjadi resiko meninggal dunia, dan juga nilai tunai untuk masa tua yang sangat besar.

    BalasHapus