Minggu, 19 Juli 2009

Asuransi dan Investasi bagi Kehidupan yang Lebih Baik


Setiap individu membutuhkan uang untuk membiayai setiap masa dalam siklus kehidupannya. Sebagai contoh, orang tua bertanggung jawab menyediakan dana pendidikan anaknya dan memenuhi kebutuhan lainnya, seperti rumah tinggal yang layak dan sarana transportasi.

Setiap orang tua juga perlu untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung sebagai persiapan dana hari tuanya. Dalam perencanaan keuangan pribadi kebutuhan uang untuk membiayai setiap masa disebut tujuan keuangan pribadi. Tujuan keuangan seseorang dapat bersifat jangka pendek, menengah, atau jangka panjang, bahkan kombinasinya.

Tujuan keuangan pribadi bersifat unik dan tidak selalu sama bagi setiap orang. Dua orang yang berumur sama pada masa yang sama, belum tentu mempunyai tujuan keuangan yang serupa. Kemampuan finansial serta gaya hidup seseorang membedakan tujuan keuangan setiap individu.

Kepastian dan Ketidakpastian

Dalam menjalani siklus kehidupan, setiap individu akan menghadapi suatu kepastian, yaitu lahir dan meninggal. Namun setiap individu juga menghadapi ketidakpastian dalam hal kapan dan bagaimana individu tersebut meninggal.

Ketidakpastian kapan meninggalnya adalah risiko bagi setiap individu berupa risiko meninggal dini, yaitu meninggal sebelum selesai menjalani seluruh masa dalam siklus kehidupannya atau risiko menjalani hidup terlalu lama dalam masa hari tuanya.

Ketidakpastian bagaimana meninggalnya adalah risiko proses meninggal yang dihadapi setiap individu, yaitu meninggal langsung atau meninggal setelah terlebih dahulu mengalami cacat atau menderita penyakit kritis.

Kapan dan bagaimana seseorang meninggal serta adanya tujuan keuangan pribadi pada setiap tahapan siklus kehidupannya, saling terkait erat. Seseorang memerlukan asuransi jiwa yang pada dasarnya memberi rasa aman melalui antisipasi risiko hilangnya pendapatan atau ketidaksiapan finansial bagi dirinya atau keluarganya sebelum dan setelah meninggal.

Apabila si pencari nafkah bagi keluarga meninggal dini, hal itu akan berdampak pada kemampuan mencapai tujuan keuangan mereka. Lebih parah lagi kalau meninggalnya orang tersebut didahului dengan menderita penyakit kritis atau kehilangan fungsi tubuh yang memerlukan biaya pengobatan dan perawatan tinggi.

Asuransi jiwa mempunyai peran penting dalam perencanaan keuangan pribadi, asuransi jiwa bukan hanya memberi manfaat antisipasi risiko, tapi komponen tabungannya dapat memberi manfaat memenuhi tujuan keuangan jangka menengah dan panjang seperti dana pendidikan anak dan tabungan hari tua.

Manfaat Asuransi Jiwa

Berikut ini contoh polis asuransi jiwa sebagai antisipasi risiko akan hilangnya pendapatan atau ketidaksiapan secara finansial bagi dirinya sebelum meninggal (manfaat hidup, living insurance)

Sakit Berkepanjangan

Polis asuransi jiwa dapat memberikan penggantian sebagian atau keseluruhan biaya medis yang berkaitan dengan penyakit kritis, seperti gagal ginjal atau serangan jantung.

Kehilangan Fungsi Tubuh

Polis asuransi jiwa memberikan penggantian sebagian atau keseluruhan kerugian akibat hilangnya suatu fungsi tubuh, seperti kehilangan fungsi pendengaran, pengelihatan, ataupun anggota tubuh seperti putusnya tangan atau kaki yang menyebabkan seseorang tidak dapat mencari nafkah bagi keluarga.

Dirawat di Rumah Sakit Akibat Kecelakaan

Proteksi asuransi jiwa dapat berupa penggantian sebagian atau keseluruhan biaya perawatan rumah sakit. Berikut ini adalah contoh polis asuransi jiwa sebagai antisipasi risiko akan kerugian atau kehilangan finansial bagi keluarga, setelah individu tersebut meninggal dini (manfat meninggal atau death insurance)

Tagihan Langsung

Sejumlah tagihan dan utang pribadi akan menjadi utang keluarga atau beban orang lain jika orang itu meninggal. Tagihan ini berhubungan erat dengan kematiannya, seperti tagihan dokter dan rumah sakit, penguburan, pajak, tagihan kredit motor, mobil ataurumah. Sejumlah uang klaim meninggal dari asuransi jiwa dapat membantu membayar tagihan ini.

Pendapatan Tetap untuk Biaya Hidup

Jika pencari nafkah keluarga meninggal, pengeluaran rumah tangga keluarganya, seperti pangan, pakaian dan berbagai jenis pengeluaran lainnya, tetap harus dibayar. Asuransi dapat menyediakan dana untuk membantu keluarga itu sampai mendapatkan sumber dana lain bagi pengeluaran rutinnya atau dapat menyesuaikan tingkat biaya hidupnya dengan penghasilan yang ada.

Dana Pendidikan

Ketika pencari nafkah keluarga meninggal, dana yang diperlukan untuk pendidikan anak-anaknya mungkin menjadi tidak terjangkau, orang tua yang memiliki polis asuransi jiwa dapat memastikan dana pendidikan anak-anaknya melalui sejumlah uang klaim asuransi jiwa.
Ketidakpastian kapan seseorang meninggal dapat memberikan suatu situasi hidup terlalu lama. Dalam usia tua, seseorang mempunyai keterbatasan dalam mencari nafkah meskipun masih memerlukan biaya hidup.

Komponen tabungan dan investasi dalam polis asuransi jiwa dapat menjadi suatu alternatif dana pensiun. Pemegang polis asuransi jiwa, baik asuransi dwiguna, unit linked, atau asuransi seumur hidup, dapat menggunakan nilai tunai polis mereka sebagai dana hari tua dan dapat menggunakannya untuk melunasi kredit rumah atau membeli rumah saat masa pensiun.

Sumber : Sinar Harapan,

http://www.asuransi-prudential.com/

Mari melakukan Perencanaan masa depan dengan investasi dan Perlindungan Asuransi dari Prudential


Jika anda memiliki pertanyaan seputar produk prudential, anda dapat menghubungi saya melalui:

email : ianlinting.prudential@gmail.com

sms/tlp : 0811486060

atau tinggalkan no.tlp atau alamat email anda pada kolom comment, saya yang akan menghubungi anda

Saya akan berikan Ilustrasi/gambaran benefit yang akan Anda peroleh ketika membuka rekening di Prudential, dimanapun lokasi anda, prudential dapat melayani anda dengan produk-produk unggulan:
- Asuransi Jiwa
- Asuransi Kesehatan
- Asuransi Pendidikan
- Asuransi dana Pensiun
- serta perpaduan antasra Asuransi dan Investasi yang dapat membantu anda merencanakan sesuatu di Masa depan.

Hanya dengan Premi yang cukup murah dan mudah, mulai dari Rp 10.000/Hari atau Rp 300.000/bulan, atau Rp 3,600,000 / tahun, anda sudah dapat menikmati perlindungan dan investasi dari PT Prudential, Perusahaan Asuransi No. 1 di dunia dan Indonesia.

Salam Hangat

Christian Linting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar