Jumat, 07 Agustus 2009

Merencanakan Dana Pensiun Anda




Sepanjang hidup Anda , Anda pasti punya banyak sekali tujuan keuangan seperti membeli rumah, membiayai pendidikan anak sampai ke jenjang pendidikan tinggi, ataupun sekedar merencanakan liburan istimewa.

Apapun tujuan keuangan Anda, pastikan banwa prioritas utama Anda adalah kehidupan di masa pensiun, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tidak ada satupun institusi yang mau membiayai masa pensiun kita. Dengan pertimbangan tersebut Anda sebaiknya menrencanakan masa pensiun Anda sedari dini.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan dalam merencanakan masa pensiun:

Telitilah Biaya Hidup Pada Masa Pensiun Anda
Besarnya biaya pada masa pensiun nanti tergantung dari gaya hidup yang Anda harapkan. Sekurang-kurangnya Anda pasti menginginkan kondisi keuangan yang memadai untuk membayarkan kebutuhan dasar hidup sehari-hari bukan? Perlu Anda pertimbangkan juga pada masa pensiun Anda tidak akan mendapatkan pembayaran gaji lagi. Sementara di lain pihak biaya untuk perawatan kesehatan Anda akan mengalami peningkatan.

Kesemuanya ini menbutuhkan pendanaan yang cukup mahal, sehingga merencanakan masa pensiun selama 20-25 tahun adalah layak. Selain itu Anda juga disarankan untuk memperkecil pengeluaran di masa pensiun nanti, misalnya dengan melunasi cicilan KPR Anda sebelum masa pensiun tiba.

Kenaikan Harga di Masa Pensiun

Harga barang dan jasa cenderung semakin tinggi karena adanya inflasi. Mungkin Anda tidak menyadari ini sekarang ini karena masih mendapatkan gaji setiap bulannya. Dan kenaikan gaji setiap bulannya mungkin masih akan mengimbangi kenaikan inflasi ini. Pada masa pensiun nanti, jika Anda tidak memiliki bisnis sampingan, maka tabungan yang Anda miliki harus dapat mengimbangi inflasi.

Tentukan Besarnya Dana yang Harus Ditabung
Setelah meneliti biaya hidup dan inflasi di masa pensiun Anda , langkah selanjutnya adalah menghitung berapa banyak uang yang akan Anda perlukan pada saat pensiun. Acuan yang baik untuk perkiraan berapa banyak yang harus Anda tabung adalah sekitar 75% sampai 80% dari penghasilan yang akan Anda dapatkan sebelum masa pensiun.

Investasi untuk Masa Pensiun
Tidak pernah ada dua investor yang persis sama. Tujuan berbeda memerlukan strategi yang berbeda pula untuk pencapaiannya. DI bawah ini adalah contoh umum dari profil-profil investor menurut kelompok usia. Contoh di bawah ini hanyalah sebuah acuan. Seiring dengan berjalannya waktu Anda perlu menyesuaikan dan memantau perkembangan dana Anda sesuai usia dan perubahan tujuan investasi.

Milikilah Proteksi

Dalam perencanaan keuangan, Anda harus menyertakan Asuransi sebagai Proteksi atas nilai Ekonomis Anda, Kesehatan, Sakit kritis dan tentunya dengannya membuat Anda menjadi Nyaman. Anda apabila kurang beruntung, mengalami sebuah musibah maka asuransi ini yang akan bekerja untuk Anda.

Jika anda sudah sadar akan hal ini, kami akan bantu dengan cara terbaik di Prudential, cukup dengan mengisi biodata anda:

* Nama Anda :
* Tgl lahir
* Jenis kelamin:
* merokok/tidak merokok:
* kirim ke email kami pada: ianlinting.prudential@gmail.com
* atau hubungi saya di:SMS/TLP : 0811486060


nanti akan kami kirim ilustrasi manfaat-manfaatnya, sertakan nomor hp anda kami kami akan follow up anda dengan mengontak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar